Kekuatan Cinta

Cinta memiliki dampak yang sangat luar biasa. Sungguh Alhamdulillah Allah SWT memberikan kita hati untuk merasakan Ni’mat Cinta. Hasil kajian ilmiah yang saya dapat share tentang manfaat cinta dan perhatian menunjukkan hal itu.

Pertama, cinta meningkatkan kualitas hidup. Serangkaian penelitian yang dilakukan oleh Cornell University menemukan bahwa memberi perhatian (cinta) dapat meningkatkan kualitas hidup pelakunya. Perilaku tersebut berdampak pada peningkatan sistem kekebalan tubuh (meningkatnya produksi T-cells), mengurangi risiko terkena penyakit kronis, juga memperlambat proses penuaan pada tubuh (menjadi awet muda).

Kedua, cinta meningkatkan rasa keberhargaan diri. Penelitian yang juga dilakukan oleh Cornell University menemukan bahwa berbagi cinta ternyata berdampak pada meningkatnya rasa keberhargaan diri. Sesuatu yang tentunya sangat baik dampaknya bagi kita sebagai pekerja maupun sebagai individu..

Ketiga, cinta membangun lingkungan yang lebih baik. Saat kita memulai untuk melakukan hal baik dengan penuh cinta kepada orang lain, maka itu bisa menjadi “virus yang menular”. Orang lain yang “tertular virus cinta” bisa terus menulari dan akhirnya semua orang pun tertular sehingga melakukan hal yang sama. Walhasil, lingkungan kerja menjadi lebih harmonis, bersahabat, hidup dan bergairah.

Keempat, cinta menghilangkan stress. Masih menurut riset yang dilakukan Cornell University, cinta dan perhatian terbukti dapat menghilangkan stress dan depresi. Hal tersebut mendapat konfirmasi dari penelitian yang dilakukan oleh Oregon University; dengan memberi rasa cinta maka kita mengaktifkan area emosi positif di otak kita yang kemudian berefek pada peningkatan semangat dan perasaan lebih baik.

Kelima, cinta membuat lebih produktif. Memberi perhatian kepada orang lain membawa kita pada perasaan positif, dan hal yg sama juga terjadi pada orang yg menerima cinta dan perhatian kita. Ketika hal ini terus dilakukan, maka dampaknya akan meluas menjadi peningkatan kepercayaan, kerjasama dan suasana yang kondusif. Hasilnya, kita pun menjadi lebih terdorong untuk menghasilkan output yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: